Selasa, 28 Januari 2014

Pidato " Menjaga Lingkungan Sekolah ".

Diposting oleh Unknown di Selasa, Januari 28, 2014
contoh pidato tentang menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan kerangkanya  :
1) topik : menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
2) tujuan : seluruh siswa dapat menyadari pentingnya hidup bersih yang dapat bermanfaat bagi mereka dan orang lain di sekitar.
3) kerangka :
a) pembuka : - makna kebersihan.
                     - kaitan antara kebersihan dan agama.
b) inti : 1. manfaat kebersihan bagi siswa.
               - menciptakan kenyamanan dalam proses belajar mengajar.
               - lingkungan sekolah menjadi asri.
            2. langkah - langkah dalam menjaga kebersihan :
               - menjaga kebersihan diri sendiri.
               - menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
               _ di perlukan adanya kesadaran diri sendiri (siswa)
           3. keuntungan apabila kebersihan tercipta
              - lingkungan sekolah menjadi berbeda di mata masyarakat.
4) penutup : dengan di jaganya kebersihan di lingkungan sekolah dapat menciptakan sikap siswa yang peduli akan lingkungan, sehingga tercipta lingkungan sekolah yang asri dan indah serta berguna bagi siswa dan orang lain

pidato :
Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera.

Yang terhormat Bapak Kepala sekolah SMP Negeri 12 Tangeerang
Yang terhormat Bapak Ibu guru
Serta teman-teman yang saya cintaidan banggakan.
        Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syuku kehadirat Tuhan YME, atas berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah  ini dalam keadaan sehat wal'afiat. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang " Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah."
       Berbicara mengenai kebersihan, SMP Negeri 12 Tangerang yang termasuk SMP favorit di Kota Tangerang dan letaknya tepat di Jl. Moch. Toha km 3,6 Periuk Tangerang juga memiliki kebersihan yang cukup baik.
       Dalam menjaga kebersihan lingkungan, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan adalah suatu keadaan dimana lingkungan tersebutlayak untuk ditinggali manusia, dimana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.
      Menjaga kebersihan juga memiliki kaitan dengan agama, karena agama sangat mendukung menjaga kebersihan, apa buktinya ? ..... Yakni ketika hendak beribadah, kita di wajibkan untuk mensucikan diri terlebih dahulu.
      Agama sangat mendukung karena banyak manfaat yang dapat kita petik apabila telah menerapkan kebersihan, khususnya kebersihan sekolah. kebersihan juga dapat meningkatkan kualitas sekolah.
       Apa yang harus kita lakukan untuk mencapai hal-hal tersebut ? tentu ada banyak cara antara lain dengan menjaga kebersihan diri kita sendiri terlebih dahulu. Kemudian menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita. Namun, hal yang terpenting adalah kesadaran kita semua untuk menjaga kebersihan itu. seperti, membuang sampah pada tempatnya.
      Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolah.
      Selain itu juga di anjurkan untuk menanam sebuah tanaman, apotek hidup, bunga-bunga, agar sekolah kita terlihat cantik, rapi, dengan berhiaskan penghijauan di sekitarnya. Namun, selain adanya penghijauan di sekolah agar program berjalan lancar, kita harus ikut serta dalam hal pelestarian serta pemeliharaannya dan tingkat kesehatan.
      Dan yang terenting dalam kebersihan sekolah itu adalah WC sekolah. sering kita temukan di sekolah kebanyakan siswa - siswi tidak bersikap disiplin dalam pemakaian WC sekolah. Menjadikan WC sekolah kotor karena ulah siswa terseebut yang tidak menJaga WC sekolah, akibatnya WC menimbulkan efek bau di lingkungan sekolah.
     Yang terakhir harapan-harapan saya adalah siswa - siswi SMP Negeri 12 Tangerang selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan membuat SMP Negeri 12 Tangerang indah dan asri. Dengan ini SMP Negeri 12 Tangerang pasti akan tercermin dimata masyarakat berbeda dengan yang lain, baik tingkat kecerdasan maupun moral yang ada pada diri kita masing-masing.
     Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama saling merangkul satu dengan yang lain untuk berusaha menjaga dan melestarikan kebersihan di lingkungan sekolah. Sehingga dapat meningkatkan minat kita dalam belajar yang mana akan berpengaruh positif bagi kita begitu pula bagi orang lain.
     Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Walbilaihi Taufik Walhidayah Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

1 komentar:

^^ on 27 Januari 2015 pukul 21.28 mengatakan...

aku suka blognya.. selain bisa bantu tugasku.. + bisa dengerin lagu favorite q :)

Posting Komentar

 

Ika Melya Astuti Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei